Thursday, December 26, 2013

Apa yang dimaksud dengan Haji Akbar


Berdoa di depan Rumah Allah
Hub. 081274019138 / 087877350370
Apa yang dimaksud dengan Haji Akbar

Dalam beberapa kitab Tafsir,antara lain Tafsir Al Qurthubi disebutkan bahwa para ulama berbeda pendapat mengenai hari Haji Akbar. Sebagian Ulama mengatakan bahwa hari haji akbar adalah hari Wuquf di Arafah,yakni tanggal 9 Dzulhijah. Sebagian lagi berpendapat bahwa hari haji akbar adalah hari penyembelihan qurban di Mina,atau dengan kata lain,tanggal 10 Dzulhijah (Hari Raya Idul Adha).

Jika kita menerima pendapat para ulama di atas,maka kita bisa mengatakan bahwa Hari Haji Akbar adalah Hari Wuquf atau Hari Penyembelihan Qurban atau dengan kata lain,setiap tahun adalah Hari Haji Akbar karena dalam pelaksanaan haji setiap tahun pasti ada Hari Wuquf dan Hari Penyembelihan Qurban.
Dengan demikian,dapat dikatakan bahwa tidak ada seorang ulamapun  yang mengaitkan hari haji akbar dengan hari Jumat sebagaimana anggapan banyak orang. Memang benar bahwa Wuquf di Arafah pada  hari Jumat memiliki keistimewaan karena hari Jumat adalah hari yang terbaik.Dan Nabi Muhammad pun melaksanakan Ibadah Haji (hanya sekali seumur hidup) yang bertepatan dengan Wuquf di Arafah pada hari Jumat.

Memang ada Hadits Nabi yang mengatakan bahwa  “Seutama-utama hari adalah Hari Arafah.Dan jika hari Arafah bertepatan dengan hari Jumat,maka haji yang dilakukan pada hari itu lebih utama dari tujuh puluh haji yang wuqufnya selain hari Jumat.Seutama utama doa adalah doa di hari Arafah.Seutama utama kalimat yang kuucapkan dan diucapkan oleh para Nabi sebelumku adalah La ilaha illa Allah wahdahu la syarikalahu”. Tapi sebagian ulama mengatakan riwayat ini bernilai lemah.Hadits ini diriwayatkan oleh seorang  yang bernama Thalhah bin Ubaydillah yg tidah pernah bertemu dengan Rasullullah saw.

Demikianlah kurang lebih apa yang disampaikan oleh Bapak Quraish Shihab untuk menjawab pertanyaan seeorang tentang Hari Haji Akbar.


No comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Top WordPress Themes